Thursday, October 1, 2015

Memilih Susu Ibu Hamil: Perhatikan Kandungannya



Susu ibu hamil yang berjejer manis di rak supermarket kadang membuat bingung mau pilih yang mana yah, moms. Hal ini wajar kok karena kita memang ingin mendapat susu terbaik untuk nutrisi kita dan si manis di dalam kandungan.



Tips yang pertama moms, perhatikan kandungan susu yang tertera dalam kemasan.

Susu menyediakan kalsium yang kita butuhkan. Dan biasanya produsen susu juga menambahkan nutrisi penting lainnya yang baik untuk perkembangan janin dan kesehatan moms.

Kandungan Apa Saja Yang Kita Perlukan?
Ada sejumlah nutrisi yang sebaiknya ada di dalam susu ibu hamil yang bagus moms, antara lain:
  • Kalsium.
  • Vitamin D.
  • Asam folat.
  • Protein.
  • Nukleotida.
  • Zat besi.
  • Prebiotik.
  • Asam lemak.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C. 
Kenapa sih kandungan itu penting untuk kita dan si kecil? Yuk simak bersama.

Kalsium
Ketika dalam kandungan, janin membutuhkan kalsium untuk dapat membentuk gigi, tulang, otot, serta saraf. Selain itu, kalsium juga penting untuk pembentukan dan pertumbuhan jantung serta membangun ritme jantung yang normal. Bila selama kehamilan kita kurang asupan kalsium, janin akan mengambil kalsium dari tulang kita. Ini yang nantinya membuat tulang moms keropos.

Vitamin D
Kalsium dan vitamin D ibarat dua sekawan, mereka harus selalu bersama karena vitamin D bertugas mengatur penyerapan kalsium dalam tubuh. Dengan kata lain, vitamin D yang membagikan jatah kalsium dalam tubuh, berapa untuk moms dan berapa untuk si kecil. Bila kita kekurangan vitamin D selama kehamilan, janin bisa kekurangan kalsium.

Asam Folat
Vitamin B9 atau asam folat membantu janin kita terlindung dari kecacatan pada sistem sarafnya. Penting sekali bagi kita untuk mengonsumsi susu ibu hamil yang kaya asam folat, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Mengapa? Karena saat tiga bulan pertama terjadi pembentukan dan perkembangan pesat sistem saraf dan otak janin.

Protein
Manfaat protein antara lain adalah membantu pertumbuhan sel dan produksi darah. Kita membutuhkan protein, terutama pada usia kehamilan trismester kedua dan ketiga karena saat itulah janin sedang tumbuh pesat. Organ-organ kita seperti payudara pun ikut membesar untuk menyediakan kebutuhan si kecil.

Nukleotida
Wah, ini apa yah moms bahasanya ilmiah banget? Ternyata memang tidak semua susu mengandung nukleotida, hanya susu ibu hamil yang sehat yang memasukkan kandungan ini moms. Nukleotida merupakan molekul organik yang berperan penting dalam metabolisme. Tuganya adalah mengantarkan energi ke sel-sel tubuh.

Zat Besi
Kalo yang ini mungkin tidak asing yah moms. Zat besi tugasnya adalah mencegah anemia karena zat besi dapat membantu produki sel darah merah.

Prebiotik
Prebiotik adalah makanan baik untuk bakteri baik. Adanya prebiotik dalam tubuh dapat membantu bakteri baik untuk tumbuh, sehingga daya tahan tubuh kita dapat terjaga, moms.

Asam Lemak
Asam lemak atau omega penting untuk ibu hamil karena fungsinya yaitu membantu pertumbuhan mata dan otak janin.

Vitamin A
Manfaat vitamin A adalah membantu mengoptimalkan daya penglihatan, menyehatkan kulit, serta ikut membantu pertumbuhan tulang.

Vitamin C
Vitamin C juga ikut membantu tulang untuk tumbuh dengan baik. Selain itu, vitamin C juga menyehatkan gigi dan gusi. Dan yang juga penting, Vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Wah, banyak juga yah moms kandungan yang kita dan si manis butuhkan. Tapi tenang, ada kok susu yang komplit menyediakan semua kandungan itu. Jadi, sekarang moms tidak perlu bingung lagi memilih susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment